Numpang lewat klik www.beritakota.net by Gresik News

Greetings editorial staff

Gresik news online was the interactive media publicly guarded the aspirations of the community.This media contained the news that happened in the Gresik territory and surrounding area. Gresik news online accompanied you for 24 hours. Also presented latest, critical and responsible information. In the hope of receiving the response from the community and to the alternative media to express the truth. Ahmad yani elbanis, The Person Responsible. Contact person, 03170878086,081357333777)

2008-05-16

Awas Perempuan Rawan Osteoporosis


Gresiknews - Kondisi perempuan rawan terkena osteoporosis atau pengeroposan tulang. Untuk mengantisipasinya maka diperlukan olahraga senam yang khusus bisa mengatasi masalah penyakit itu. Karenanya sebanyak 200 ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) di lingkungan sekretariat Pemkab Gresik mengikuti senam osteoporosis yang menghadirkan instruktur dari APPSI Gresik dan ahli nutrisi dari Surabaya, Jumat (16/5)..

Kegiatan baru pertama dilaksanakan itu karuan membuat ibu-ibu tampak masih kaku bahkan sering berbenturan dengan teman di sampingnya saat mengikuti gerak-gerik senam yang dipandu salah seorang instruktur tersebut, namun hal ini tak membuat para ibu merasa terganggu, bahkan mereka sangat menikmati senam ini, mungkin karena manfaat yang di berikan pada senam tersebut. Rencananya senam osteoporosis ini akan di jadwalkan untuk senam osteoporosis di lakukan 3 bulan sekali.

Menurut ahli nutrisi Ibu Novy dari Surabaya menjelaskan bahwa gejala bagi penderita Osteoporosis salah satunya tubuh makin lama makin mengecil, bahkan bisa bungkuk. Ini penyebabnya karena usia lanjut dan riwayat keluarga. Adapun langkah-langkah yang harus di tempuh untuk menghindari osteoporosis yaitu berolah raga, makan yang mengandung banyak nutrisi dan minum susu.

"Karena rata-rata orang Indonesia minum susu hanya saat masih bayi, sedang orang tua jarang mengkonsusmsi susu," ujarnya.

Dijelaskan Novy, dari 19,7% penduduk Indonesia terkena Osteoporosis, dan Indonesia menempati urutan ke enam Dunia setelah Cina. Sedang penduduk di Jawa Timur 27,7% terkena pengeroposan itu. Dari data ini tentunya akan mengancam Ibu-ibu, mengingat perempuan lebih rentan terkena osteoporosis jika sudah mengalami Menopos. yan

0 Comments: